Bola

Timnas Indonesia Carter Pesawat pada waktu Bertandang ke Bahrain dan juga China

Timnas Indonesia dipastikan akan segera mencarter pesawat pada waktu melakini laga sesi ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia melawan Bahrain lalu China. Itu sebagaimana disampaikan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Timnas Indonesia akan menjalani perjalanan berat serta melelahkan pada matchday bulan Oktober pada sesi ketiga Kualifikasi Piala Global 2026 Zona Asia. Skuad Garuda bertandang melawan Bahrain pada Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024. Lima hari kemudian, Marselino Ferdinan dkk dengan segera menatap laga kontra China di area Qingdao Youth Football Stadium.

Menghadapi China sendiri cukup berbau kontroversi sebab memilih untuk menjamu Timnas Indonesia dalam Qingdao. Pasalnya, lokasi yang disebutkan sangat jarak jauh dari ibu kota, Beijing dengan memakan waktu hampir tujuh jam lewat perjalanan darat kemudian satu setengah jam lewat penerbangan.


Perjalanan itu jelas sangat panjang kemudian melelahkan, mengingat Timnas Indonesia sebelumnya harus menghadapi Bahrain. Jika menggunakan pesawat komersial, Skuad Garuda kemungkinan harus menempuh perjalanan sekitar 30 jam dari Bahrain ke Qingdao dengan beberapa kali transit.

“Dari Bahrain ke China kalau pakai pesawat komersial, total 30 jam termasuk dengan transit lalu sebagainya. Pemain akan capek sementara jeda waktunya hanya saja beberapa hari,” kata Arya mengutip dari kanal Youtube pribadinya, Hari Sabtu (3/8/2024).

Arya mengungkapkan bahwa PSSI telah melakukan perhitungan terkait hal itu. Ketum PSSI, Erick Thohir juga secara langsung memberikan perintah untuk menyewa pesawat buat Timnas Indonesia ke Bahrain serta China. Itu semua dilaksanakan agar para pemain tak mengalami kelelahan yang tersebut berlebihan akibat perjalanan jauh.

“Terpaksa kami mencari untuk mencarter pesawat. Saya lihat biayanya, sembilan digit untuk sekali jalan. Kalau sempat kami ambil dari Ibukota Indonesia ke Bahrain pasca itu pesawatnya mengantisipasi di dalam Bahrain kemudian ke Qingdao lalu ke Jakarta,” terang Arya.

Namun Arya dibuat kaget sebab semua itu memakan biaya yang tersebut sangat fantastis. Dia tak memberikan berapa jumlah total pastinya, melainkan hanya sekali mengungkapkan biaya untuk mencarter pesawat total memakan enam digit dolar AS.

“Sudah bukanlah Rupiah lagi. Sudah dolar Amerika Serikat itu pun enam digit. Inilah putaran ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026. Begini pengeluaran kita untuk satu partai melawan Bahrain, sembilan digit. Atau kalau ditotal dua laga enam digit dolar AS,” ungkapnya.

Namun sebelum menghadapi dua laga berat itu, Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di tempat sesi ketiga Kualifikasi Piala Planet 2026 Zona Asia mulai 5 September 2024 mendatang. Tim arahan Shin Tae-yong akan memulainya dengan bertandang ke Arab Saudi pada 5 September, kemudian menjamu Australia pada 10 September.

Show More

Related Articles

Back to top button