olahraga

Daftar prestasi negara ASEAN di tempat Olimpiade, bagaimana kedudukan Indonesia?

Ibukota Indonesia –

Negara-negara ASEAN tidak ada sekadar terlibat di Olimpiade, melainkan turut menorehkan prestasi di ajang olahraga bergengsi yang dimaksud dihadiri oleh lebih tinggi dari 200 negara di area seluruh dunia.
 
Jelang Olimpiade 2024 pada Paris yang digunakan diselenggarakan mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024, negara-negara di dalam Asia Tenggara sudah ada mulai mengirimkan atlet terbaiknya ke Prancis. 

Hingga ketika ini, Thailand memegang kedudukan teratas pada hal prestasi Olimpiade di tempat kawasan ASEAN dengan jumlah keseluruhan medali terbanyak. Selama berpartisipasi pada setiap edisi Olimpiade, Thailand telah terjadi meraih 10 medali emas, 8 medali perak, dan juga 17 medali perunggu, sehingga totalnya mencapai 35 medali.

 
Thailand juga mengawasi di jumlah agregat medali emas dibandingkan negara ASEAN lainnya termasuk Indonesia.

Indonesia menempati peringkat kedua di hal jumlah total medali Olimpiade di area kawasan ASEAN. Indonesia sudah menghimpun total 8 medali emas, 14 medali perak, lalu 15 medali perunggu, yang tersebut keseluruhannya mencapai 37 medali.

 
Meski secara total jumlah agregat medali Indonesia melebihi Thailand dengan selisih dua medali, peringkat ditentukan berdasarkan jumlah total medali emas terbanyak, tidak total keseluruhan medali.
 
Sejak Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Indonesia telah terjadi berpartisipasi di 16 edisi Olimpiade. Seluruh medali emas yang dimaksud diraih Indonesia berasal dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.
 
Selain Thailand juga Indonesia, terdapat tiga negara ASEAN lainnya yang mana juga pernah meraih medali emas Olimpiade. Filipina, Vietnam, dan juga Singapura masing-masing telah dilakukan menyebabkan pulang satu medali emas.
 
Di sisi lain, Negara Malaysia sudah meraih beberapa medali namun belum memperoleh medali emas. Mereka berhasil menghadirkan pulang 8 medali perak serta 5 medali perunggu di Olimpiade akhir lalu.
 
Kemudian ada negara Kamboja, Myanmar, Brunei, Timor Leste, kemudian Laos yang digunakan hingga ketika ini menjadi negara ASEAN yang dimaksud belum pernah serupa sekali meraih medali Olimpiade.
 
Daftar medali Olimpiade negara-negara ASEAN
 
1. Thailand
– Medali Emas: 10
– Medali Perak: 8
– Medali Perunggu: 17
 
2. Indonesia
– Medali Emas: 8
– Medali Perak: 14
– Medali Perunggu: 15
 
3. Filipina
– Medali Emas: 1
– Medali Perak: 5
– Medali Perunggu: 8
 
4. Vietnam
– Medali Emas: 1
– Medali Perak: 3
– Medali Perunggu: 1
 
5. Singapura
– Medali Emas: 1
– Medali Perak: 2
– Medali Perunggu: 2
 
6. Malaysia
– Medali Emas: 0
– Medali Perak: 8
– Medali Perunggu: 5
 
7. Brunei
– Medali Emas: 0
– Medali Perak: 0
– Medali Perunggu: 0
 
8. Kamboja
– Medali Emas: 0
– Medali Perak: 0
– Medali Perunggu: 0
 
9. Laos
– Medali Emas: 0
– Medali Perak: 0
– Medali Perunggu: 0
 
10. Myanmar
– Medali Emas: 0
– Medali Perak: 0
– Medali Perunggu: 0
 
11. Timor Leste
– Medali Emas: 0
– Medali Perak: 0
– Medali Perunggu: 0
 
Prestasi-prestasi ini menggambarkan perkembangan olahraga yang mana pesat di area kawasan ASEAN kemudian menunjukkan peluang besar para atlet dari negara-negara anggota.
 
Harapan tinggi tertuju pada perwakilan ASEAN untuk terus bersinar juga mengukir sejarah lebih besar lanjut dalam Olimpiade Paris 2024 mendatang.

 
Show More

Related Articles

Back to top button