Masuk Hagia Sophia di Turkiye Akan Wajib Bayar Tiket per Januari 2024

Masuk Hagia Sophia di Turkiye Akan Wajib Bayar Tiket per Januari 2024
Masuk Hagia Sophia di Turkiye Akan Wajib Bayar Tiket per Januari 2024

MACANBOLA.NEWS – Wisatawan asing yang hendak masuk ke Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turkiye, akan dikenakan biaya tiket mulai Januari 2024, tepatnya Senin (15/1/2024). Masuk nya akan tetap gratis bagi jemaah (asal) Turkiye,” kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turkiye, Mehmet Nuri Ersoy.

“(Masuk Hagia Sophia) akan tetap gratis bagi jemaah (asal) Turkiye,” kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turkiye, Mehmet Nuri Ersoy, dilansir dari Xinhuanet, Minggu (5/11/2023).

Ersoy melanjutkan, keputusan pemberlakuan biaya masuk ke Hagia Sophia ini diambil atas saran dari UNESCO. Ia juga menekankan bahwa keputusan ini diberlakukan guna meningkatkan kualitas dan keamanan kunjungan, sekaligus menjaga signifikansi sejarah situs tersebut. Saat ini, tambahnya, sedang dalam proses restorasi dan pemeliharaan. Diperkirakan pengerjaan ini akan berlangsung selama lebih dari 50 tahun. \

Proses restorasi ini, ucap Ersoy, akan dilakukan secara bertahap tanpa penutupan total. “Mulai 15 Januari 2024, kami menerapkan rencana pengelolaan pengunjung sejalan dengan pedoman UNESCO. Langkah strategis ini bertujuan untuk menjamin kelestarian Masjid dan alun-alunnya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO,” jelasnya.

Ia juga menekankan bahwa keputusan ini diberlakukan guna meningkatkan kualitas dan keamanan kunjungan, sekaligus menjaga signifikansi sejarah situs tersebut.

Hagia Sophia sedang dalam proses restorasi dan pemeliharaan

Saat ini, tambahnya, Hagia Sophia sedang dalam proses restorasi dan pemeliharaan. Diperkirakan pengerjaan ini akan berlangsung selama lebih dari 50 tahun. Proses restorasi ini, ucap Ersoy, akan dilakukan secara bertahap tanpa penutupan total.

“Mulai 15 Januari 2024, kami menerapkan rencana pengelolaan pengunjung sejalan dengan pedoman UNESCO. Langkah strategis ini bertujuan untuk menjamin kelestarian Masjid dan alun-alunnya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO,” jelasnya. salah satu perubahan penting di Hagia Sophia yaitu adanya pintu masuk yang terpisah untuk tujuan ibadah dan pariwisata.

Baca Juga :   5 Suku dengan Tradisi Perkawinan Unik di Indonesia, Ada Kawin Culi

“Kami belum memutuskan berapa biayanya. Kami akan menentukan struktur biaya sebelum 15 Januari 2024. Fokus kami saat ini adalah penerapan rencana pengelolaan pengunjung yang efektif,” ucap Ersoy.

Ia berharap, penerapan kebijakan ini dapat memperlancar arus pengunjung, mengurangi kepadatan, serta melindungi signifikansi sejarah dan budaya Hagia Sophia.

Sebelumnya diketahui bahwa tidak ada biaya masuk untuk wisatawan asing yang berkunjung, sejak difungsikan kembali sebagai masjid pada tahun 2020.

Sebagai informasi, Hagia Sophia ialah salah satu tempat wisata populer di Turkiye yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985.

Bangunan yang berusia 1.500 tahun ini mulanya berfungsi sebagai katedral, setelah itu difungsikan sebagai masjid Kekaisaran Ottoman, lalu dibuka sebagai museum pada tahun 1935. Barulah pada 2020 diubah menjadi masjid kembali.

Sumber : Kompas.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *