Viral Balita Doyan Ngemil Tempe Mentah, Aman Nggak Sih? Ini Kata Dokter

MACANBOLA.NEWS – Belakangan ini viral video TikTok balita memakan tempe mentah sebagai camilan. Lantas, bagaimana tanggapan dokter terkait hal ini?
Tempe adalah salah satu sumber protein nabati yang baik untuk anak. Tempe juga kaya akan gizi kompleks yang mudah dicerna oleh tubuh. Terdapat banyak kandungan gizi pada tempe, termasuk protein, kalsium, fosfor, hingga zat besi.

Dokter spesialis anak dr Aisya Fikritama, SpA mengatakan bahwa tidak ada perbedaan nilai gizi antara tempe mentah dan tempe matang. Keduanya memiliki kandungan yang sama.

“Tempe sendiri merupakan sumber protein nabati yang mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1. Jadi kalau dari sisi nilai gizi sebetulnya tidak ada perbedaan antara tempe mentah dan tempe matang. Jadi, kalau misalnya bisa dimasak, kenapa tidak?” kata dr Aisya saat diwawancara HaiBunda, belum lama ini.

dr Aisya menyebutkan, anak-anak lebih baik mengonsumsi tempe yang telah dimasak. Hal ini karena kebersihan tempe mentah tidak terjamin.

“Karena lebih baik memakan tempe yang sudah dimasak. Dan memakan tempe yang mentah itu sangat tidak direkomendasikan karena tidak terjamin higienitasnya saat membuat tempe,” tutur dr Aisya.

“Seperti pembuatan yang misalnya tidak menggunakan sarung tangan, tidak menggunakan masker, bahkan pembuat tempe tidak menggunakan baju mungkin keringat yang menetes di tempe itu. Kemudian saat penjualan juga ditaruh di jalan-jalan,” sambungnya lagi.

Lebih lanjut, dr Aisya tidak menyarankan konsumsi tempe mentah untuk anak karena imunitas anak belum sempurna dan tidak sekuat orang dewasa.

“Dari nilai gizi sih tidak ada masalah, tetapi kan tidak aman apalagi anak-anak imunitasnya masih belum sempurna. Tidak sekuat orang dewasa jadi sangat tidak disarankan makan tempe mentah.”

Baca Juga :   Viral Mahasiswa di Surabaya Wisuda Bawa Spanduk 'Info Loker', Begini Nasibnya

Lalu, apa sih bahayanya mengonsumsi tempe mentah bagi anak?

Bahaya konsumsi tempe mentah
Ada beberapa risiko atau bahaya yang akan terjadi jika anak mengonsumsi tempe mentah. Menurut dr. Aisya, berikut ini deretannya:

  • Risiko kontaminasi dan infeksi
  • Tempe mentah sulit dicerna oleh proses sistem pencernaan manusia
  • Peningkatan risiko alergi
  • Gangguan pencernaan
  • Mengandung racun mikroba
  • Mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi secara optimal

Ciri anak keracunan tempe mentah
Dokter Aisya menyebut anak yang makan tempe mentah berisiko keracunan, Bunda. Berikut ini beberapa ciri yang bisa terlihat:

  • Anak sakit kepala
  • Anak muntah-muntah
  • Diare
  • Sakit perut

Sumber : Detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *