Survei Indikator: 61,2% Responden Percaya Jokowi Dukung Prabowo

Survei Indikator: 61,2% Responden Percaya Jokowi Dukung Prabowo
Survei Indikator: 61,2% Responden Percaya Jokowi Dukung Prabowo

MACANBOLA.NEWS – Indikator Politik Indonesia merilis hasil terkait dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2024. Sebanyak 61% responden percaya Presiden Jokowi akan mendukung bacapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

“Ada kenaikan tajam yang terakhir ini, responden menganggap capres pilihan Pak Jokowi, Prabowo Subianto. Ada penurunan tajam yang menjawab Mas Ganjar,” kata Pendiri Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei ‘Efek Gibran dan Dinamika Elektoral Terkini’ secara virtual, Minggu (12/11/2023).

Survei Indikator ini dilakukan pada 27 Oktober-1 November 2023. ini dilaksanakan secara tatap muka dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 responden di 38 provinsi, dengan margin of error sebesar + 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden survei adalah warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih yaitu minimal berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka.

Pada survei mengenai dukung Presiden Jokowi ini, responden diberikan pertanyaan ‘Menurut bapak/ibu siapa di antara calon presiden berikut yang lebih didukung oleh Presiden Jokowi?’

Hasil survei 27 Oktober-1 November:

Prabowo 61,2%
Ganjar 17,4%
Anies 4%
Tidak jawab 17,4%

Hasil survei 16-22 Oktober:

Prabowo 38,4%
Ganjar 37,3%
Anies Baswedan 5%
Tidak jawab 19,3%

Efek Gibran

Pada survei ini, Indikator juga memberikan pertanyaan kepada responden tentang kesadaran masyarakat terkait Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo. Burhanudin menyebut semakin sadar responden bahwa Gibran adalah cawapres Prabowo, elektabilitas Prabowo semakin naik.

“Semakin aware bahwa Gibran cawapres Pak Prabowo itu elektabilitas Pak Prabowo naik, sementara elektabilitas Mas Ganjar turun, jadi kelihatan kalau di data jelas menunjukkan efek Gibran itu sangat negatif buat Mas Ganjar,” kata Muhtadi.

Baca Juga :   Officer, 3 civilians dead after massive gun battle breaks out in New Jersey

Survei soal Pilihan Menurut Awareness Gibran Cawapres Prabowo:

Tanggal 27 Oktober-1 November

Prabowo-Gibran 41,7%
Ganjar-Mahfud 30%
Anies-Cak Imin 23,5%
Tidak jawab 4,8%

Tanggal 16-20 Oktober

Prabowo Gibran 36,7%
Ganjar-Mahfud 34,8%
Anies-Cak Imin 25,6%

 

Sumber : Detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *