Perempuan di Australia Punya 2 Vagina dan Rahim, kok Bisa ya?

Perempuan_di_Australia_Punya_2_Vagina_dan_Rahim,_kok_Bisa_ya?

MACANBOLA.NEWSVagina dan rahim merupakan organ vital bagi perempuan dan sangat penting bagi proses reproduksi. Nah, kedua organ ini bisa mengalami masalah yang kemudian menjadi hambatan reproduksi, lho, Ladies.

Sebut saja seperti kondisi yang dialami perempuan asal Australia, Evelyn Miller. Ia didiagnosis memiliki kelainan uterus didelphys pada usia 19 tahun.

Read More

Karena kelainan tersebut, Evelyn memiliki dua vagina dan dua rahim dengan ovarium ganda sekaligus, yang semuanya berfungsi dengan baik.

Daily Mail melansir, kondisi ini pertama kali diketahui karena Evelyn merasa kesakitan saat berhubungan seks dan kesulitan ketika menggunakan tampon. Sejak saat itu, Evelyn mengetahui bahwa saluran uretranya lebih rendah dari biasanya dan vaginanya ada pada kedua sisinya.

“Aku menghindari seks begitu lama, aku merasa cemas akan hal itu. Tapi, aku hanya tidak tahu apa yang salah dengan diriku,” ujar Evelyn.

Ladies, kondisi ini terjadi karena awalnya rahim terbentuk dari dua saluran terpisah. Namun pada kasus Evelyn, saluran tersebut gagal menyatu sehingga menyebabkan ia memiliki dua rahim dengan saluran tuba yang terpisah. Dalam beberapa kasus, penderita kondisi ini juga memiliki dua saluran vagina dan dua saluran leher rahim seperti Evelyn.

Uterus didelphys merupakan kondisi langka yang terjadi pada 0,3 persen perempuan. Sering kali seseorang yang mengalami hal ini tidak menyadarinya karena tidak selalu menimbulkan gejala. Tanda-tanda kondisi ini bisa berupa nyeri saat berhubungan seks serta nyeri dan pendarahan hebat saat menstruasi.

Kondisi langka ini juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami kemandulan, keguguran, hingga risiko persalinan prematur. Beruntung, Evelyn berhasil memiliki dua anak meski sempat mengalami hambatan dalam kehamilan dan kesehatan anaknya.

Baca Juga :   Koleksi Terbaru Eiger Ajak Perempuan Bebas Ekspresikan Diri

“Selalu ada risiko meski aku bisa hamil dua kali. Ada komplikasi juga saat aku melahirkan dan kedua anakku lahir sangat kecil sehingga membutuhkan perawatan berbulan-bulan untuk perawatan intensif,” pungkas Evelyn.

Sumber : Kumparan

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *