Pelaku Usaha di Bangka Selatan Harus Segera Migrasi ke OSS RBA, Ini Risikonya Jika Batas Waktu Habis

Pelaku Usaha di Bangka Selatan Harus Segera Migrasi ke OSS RBA, Ini Risikonya Jika Batas Waktu Habis
Pelaku Usaha di Bangka Selatan Harus Segera Migrasi ke OSS RBA, Ini Risikonya Jika Batas Waktu Habis

Macam.news – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan meminta pelaku usaha untuk mempercepat proses pemenuhan komitmen migrasi atas izin usaha yang diajukan ke sistem Online Single Submission (OSS).

Saat ini, pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bangka Selatan menunggu pelaku usaha dengan resiko rendah , sedang dan tinggi, untuk melakukan migrasi data perizinan ke sistem OSS berbasis resiko atau OSS Risk-Based Approach (OSS RBA)

Pelaku udaha harus segera melakukan migrasi ke OSS RBA dan melaporkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

“Kepada elaku usaha ya pelaku usaha yang belum migrasin , agar segera melakukan migrasi serta segera melaporkan LKPM. Karena empat kali tidak melaporkan database dihapus ,” tegas Pelaksana Tugas (plt) Kepala DPMPTSP Kabupaten Bangka Selatan, Kartikasari .

Menurutnya, OSS RBA merupakan perizinan berusaha dibedakan berdasarkan risiko dan skala kegiatan usaha sehingga pelaku usaha dapat dengan mudah dengan tingkat usaha rendah untuk bisa mengantongi perizinan berusaha.

Menurutnya, saat ini segala permohonan perizinan diajukan melalui OSS. Namun setiap permohonan perizinan natinya akan diidentifikasi berdasarkan risikonya.

Kemudian akan dibagikan untuk resiko rendahm menegah tinggi dan risiko tinggi. Untuk kategori usaha dengan identifikasi risiko rendah OSS hanya akan mengeluarkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Sedangkan risiko menengah dan tinggi akan dilampirkan sekaligus dengan srtifikasi persyaratan dan izin.

“Untuk migrasi ini yang kita kejar yakni untuk pelaku usaha dengan risiko sedang dan tinggi. Misalnya pertambangan, tambak udang gingga sektor industri .,” papar Kartikasari.

Disisi lain sambung dia , banyak benefit yang didapat setelah melakukan migrasi data.

Para Pelaku usaha diwajibkan untuk melakukan migrasi ke OSS RBA guna mengurus segala perizinan, agar kegiatan usaha dapat terus beroperasi . Deangan beralih ke OSS-RBA , pengurus izin usaha akan lebih efektif , aman dan mudah.

Baca Juga :   Innalillah Kabar Duka Dari Babe Cabita Komika Indonesia Meninggal Dunia

“Manfaatnya kembali lagi ke legalitas usaha , sekarang adala adanya tempat izin. Ketika anda sudah memperoleh izin harus melakukan migrasi ke dalam sistem OSS afar mendapatkan izin yang ber;aku saat ini.” Ucapnya.

 

Source : POSBELITUNG

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *