Kontroversi Penalti untuk Manchester United, Wasit Tepat atau Blunder?

Kontroversi Penalti untuk Manchester United, Wasit Tepat atau Blunder?

MACANBOLA.NEWS – Fans Manchester United mungkin dibuat kesal oleh keputusan wasit Paul Tierney pada laga Derbi Manchester. Sebab, United dihukum penalti dan itu berdampak sangat besar bagi jalannya pertandingan.

United menjamu Manchester City pada pekan ke-10 Premier League, Minggu (29/10/2023) malam WIB. Pada duel yang dimainkan di Old Trafford tersebut, Setan Merah dipermalukan dengan skor 0-3.

Read More

Dua dari tiga gol yang bersarang di gawang Andre Onana dicetak Erling Haaland. Pemain asal Norwegia itu juga membuat satu assist. Satu gol lain dari City dicetak Phil Foden.

Nah, diantara dua gol Erling Haaland, satu gol lahir dari eksekusi penalti. Keputusan ini memicu kontroversi karena diambil cukup lama dari kejadian.

Wasit Paul Tierney memberikan penalti untuk United pada menit ke-25. Penalti diberikan setelah Tierney merasa ada pelanggaran pada Rodri, yang dilakukan oleh Rasmus Hojlund pada situasi bola mati.

Tierney butuh waktu cukup lama untuk keputusan penalti itu. Tierney sempat melanjutkan pertandingan, sebelumnya dapat informasi dari VAR atas insiden antara Hojlund dan Rodri.

“Saya sudah dua kali melihatnya di layar dan saat Hojlund hendak mengambil bola dari Rodri jelas memegang perutnya,” kata mantan wasit Mike Dean kepada Sky Sports.

“Hojlund telah menahannya di sekitar perutnya dan jelas menghentikan pemain tersebut untuk mendapatkan bola. Saya pikir dari kedua sudut itu, jelas ada pelanggaran yang dilakukan,” tegas Mike Dean.

Dari sudut pandang Mike Dean, apa yang dilakukan Rasmus Hojlund sejatinya tidak penting. Pemain asal Denmark itu tidak perlu melakukan pelanggaran karena Rodri jauh dari bola.

Baca Juga :   Manchester United Kejar Pemain Timnas Portugal Ini

“Dia menghentikan Rodri untuk mendapatkan bola, tepat di zona drop. Saya pikir jika Anda melihatnya lagi, dia juga tidak perlu melakukannya karena ada pemain di tiang belakang yang seharusnya bisa menghalau bola,” kata Mike Dean.

Pandit sepak bola Inggris, Gary Neville, juga meyakini keputusan wasit Paul Tierney sudah tepat. Tak ada keraguan bahwa gerakan yang dilakukan Hojlund pada Rodri adalah pelanggaran.

“Saya sudah melihatnya empat atau lima kali dan dalam gerakan lambat, sepertinya sudah jelas bahwa itu adalah penalti,” kata mantan kapten Manchester United itu kepada Sky Sports.

 

 

Sumber : Bola.net

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *