Jokowi Akan Hadiri KTT OKI di Arab Saudi Bahas Gaza

Jokowi Akan Hadiri KTT OKI di Arab Saudi Bahas Gaza
Jokowi Akan Hadiri KTT OKI di Arab Saudi Bahas Gaza

MACANBOLA.NEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Arab Saudi. KTT itu disebut akan membahas konflik Israel vs Hamas.

Informasi kehadiran Jokowi ke KTT OKI itu dibenarkan Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana. Dia menyebut Jokowi akan hadir ke KTT OKI yang membahas Gaza.

Read More

“Ya betul, presiden direncanakan akan hadir pada KTT luar biasa OKI untuk bahas Gaza,” kata Ari kepada wartawan, Rabu (8/11/2023).

Diketahui, OKI akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Islam bagi negara anggotanya. Konferensi tersebut akan digelar pada Minggu, 12 November 2023 mendatang atas undangan Arab Saudi.

“OKI akan menyelenggarakan KTT Islam Luar Biasa atas undangan Kerajaan Arab Saudi, dalam kapasitasnya sebagai Ketua KTT Islam saat ini, pada hari Minggu, 28 Rabiul Akhir 1445 H bertepatan dengan 12 November 2023,” demikian pernyataan OKI, dikutip Rabu (8/11/2023).

Undangan tersebut ditujukan bagi menteri luar negeri (Menlu) negara-negara OKI. Tujuannya diselenggarakannya pertemuan luar biasa tersebut di antaranya membahas kondisi Jalur Gaza dan warga sipilnya yang terus menerus menerima serangan Israel.

Menurutnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang nantinya akan menyampaikan perkembangan informasi lebih lanjut.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi disebut akan menjadi perwakilan delegasi untuk bernegosiasi soal kondisi Palestina dengan Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut terungkap saat Presiden Jokowi bertemu jajaran Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Baca Juga :   Cerita Jokowi Awal Mula Masuk Dunia Politik: Hanya Satu yang Saya Bangun, Public Trust!

Dalam kesempatan tersebut juga terungkap soal Presiden yang akan menggelar pertemuan dengan negara-negara anggota OKI.

“Berkaitan dengan isu Palestina dan Israel ini, beliau sampaikan bahwa akan mengadakan pertemuan-pertemuan lagi dengan negara-negara OKI dan insya Allah Presiden hadir langsung,” ujar Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama usai pertemuan.

Dan beliau ingin mungkin ditunjuk untuk menjadi perwakilan delegasi untuk melakukan negosiasi dengan Israel ataupun AS nantinya,” katanya lagi.

 

 

Sumber : Detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *