Hamas Apresiasi Aksi Bela Palestina di Seantero Dunia, Sebut Jakarta

Hamas_Apresiasi_Aksi_Bela_Palestina_di_Seantero_Dunia,_Sebut_Jakarta

MACANBOLA.NEWSHamas,gerakan perlawanan di Palestina yang sayap militernya, Brigade Al-Qassam, menyerang Israel pada 7 Oktober 2023, mengapresiasi demo atau aksi bela Palestina di sejumlah kota di dunia. Jakarta juga disebut.

Apresiasi itu disampaikan Hamas dalam pernyataan pers yang dilansir di Telegram, Minggu (15/10) malam waktu setempat, dan diposting ulang oleh netizen pro-Palestina di Twitter.

Read More

“Selama 48 jam terakhir, jutaan orang di seluruh dunia turun ke jalan – dari Jakarta hingga California, dari London hingga Johannesburg – rakyat bebas di dunia berbaris mendukung Palestina dan menuntut diakhirinya genosida Israel,” ungkap Hamas.

Beberapa hari belakangan ini demo mendukung Palestina memang muncul di Jakarta. Misalnya, demonstrasi terjadi pada Minggu (15/10) di lapangan Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru. Aksi ini diikuti ribuan orang yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis (KIBBM).

Sedangkan pada Jumat (13/10), massa ‘Palestina Memanggil’ berdemonstrasi di kawasan Patung Kuda. Pada Rabu (11/10), massa Partai Buruh dan KSPI pimpinan M. Iqbal mendemo Kedubes AS di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Selain di Jakarta, ribuan pengecam kekerasan Israel pada masyarakat Palestina juga terjadi di kota besar di Inggris, Swiss, Amerika Serikat, Prancis, Belanda, dan sebagainya.

Lebih lanjut Hamas mengecam media Barat yang melakukan kebohongan dan fitnah berulang-ulang tanpa pengecekan fakta dan pemerintah Barat yang mendukung pendudukan oleh negara Zionis

“Pendudukan Zionis dan sekutunya di Barat telah berusaha membungkam suara Anda dan menghalangi Anda untuk mengungkapkan diri. Namun, Anda dengan gagah berani menentang intimidasi itu,” puji Hamas kepada para peserta aksi bela Palestina.

Baca Juga :   Prediksi Bayern Munchen vs Real Madrid 1 Mei 2024

“Jutaan orang telah hadir di seluruh dunia untuk menunjukkan solidaritas Anda terhadap hak sah kami untuk melawan pendudukan ilegal yang telah menjadi kutukan selama lebih dari 75 tahun. Protes dan demonstrasi damai Anda menyuarakan tujuan kami yang adil,” apresiasinya.

Hamas juga menyitir pernyataan Nelson Mandela — pejuang antiapartheid di Afrika Selatan yang kemudian menjadi presiden 1994-1999 — yang mengatakan, “kita tahu betul bahwa kebebasan kita tidak lengkap tanpa kebebasan rakyat Palestina.”

Hamas yang berbasis di Jalur Gaza ini menekankan pihaknya akan terus berjuang.

“Kami menegaskan bahwa kami akan melanjutkan perjuangan kami hingga mengakhiri pendudukan dan mendirikan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” ujarnya.

Indonesia, lewat Kemlu maupun Presiden Jokowi, telah mengeluarkan pernyataan atas perang Palestina-Israel. Berikut pernyataan Jokowi pada 10 Oktober 2023:

Indonesia mendesak agar perang dan tindakan kekerasan segera dihentikan untuk menghindari semakin bertambahnya korban manusia dan hancurnya harta benda, karena eskalasi konflik dapat menimbulkan dampak kemanusiaan yang lebih besar.

Saya minta Menteri Luar Negeri dan jajaran kementerian terkait segera mengambil tindakan cepat untuk melindungi WNI yang berada di wilayah konflik.

Akar konflik tersebut yaitu pendudukan wilayah Palestina oleh Israel harus segera diselesaikan sesuai dengan parameter yang sudah disepakati Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sumber : Kumparan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *