Google Doodle Rayakan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai, ini sejarahnya

Google Doodle Rayakan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai, ini sejarahnya
Google Doodle Rayakan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai, ini sejarahnya

Macan.news Google Doodle hari ini merayakan Tari Rangkuk Alu . Tarian tersebut berasal daei permainan tradisional Rangkuk alu di Manggarai, Indonesia yang melibatkam manuver melalui kotak-kotak bambu bergerak.

Google Doodle merayakan Tari Rangkuk Alu pada tanggal 29 April 2024 ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Tari Seduania atau Hari Tari Internasional (International Dance Day). Peringatan internasional yang dirayakan setiap 29 April ini diinisiasi oleh Komite Tari institusi Teate Internasional atai International Theatre Institute (ITI) di bawah naungan UNESCO PBB.

Read More

Dikutip dari situs Google Doodle , Tari Rangkuk Alu merupakan permainan tradsional yang juga dikenal sebagai Rankuk Alu, Ranku Alu , atau permainan Alu Rangkuk. Permainan ini dimainkan oleh segala usia, dengan tongkat bambu disusun dalam sebuah kontak di atas tanah dan terus menerus , yang lain melangkah dengan pola yang rumit untuk menghindari bambu.

Permainan ini kemudian berkembang menjadi sebuah tarian karena orang-orang melihat kesamaan antara lompatan dan tarian. Para emula bererak dalam pola yang sederhana , sementara para penari yang sudah mahir menavigasi lebih banyak bambu yang bergerak ke berbagai arah, bermanuver di tepian dan di tengah tengah.

Alat musik seperti gendang dan gambang terkadang melengkapi irama ketukan tongkat bambu. Paara penari munhkin mengenakan rok panjang, hiasan kepala, atau melambaikan ujung syal saat mereka menavigasi bambu.

Permainan ini membutuhkan fokus untuk menghindari pukulan bambu, dan para pemain akan menggunakan permainan ini untuk , melatih ketangkasan, keseimbangan dan koordinasi. Bagi suku Manggarai , tarian ini juga memiliki nilai spritual dan filosofis . Orang – orang yang ikut serta dalam tarian ini turut melestarikan kekayaan budaya Tari Rangkuk Alu.

Baca Juga :   YEN JEPANG SEMPAT DITAKUTI NAMUN SAAT INI RAMAH BAGI TRAVELER

Sejarah Sejarah Tari Rangkuk Alu dari Manggarai (NTT)

Tari Rangkuk Alu merupakan tari yang berasal dari Manggarai , Nusa Tenggara Timur (NTT). Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan Kebudayaan , Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Tari Rangkuk Alu diadaptasi dari permainan tradisional yang menggunakan bambu sebaga alat utamanya. Dalam pertunjukan m Tari Rangkuk Alu diiringi alunan alat musik, seperti gandang dan gong.

Menurut situs Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat, Tari Rangkuk Alu awalnya merupakan sebuah permainan tradisional masyarakat Manggarai Folres. Dalam permainan ini, bambu akan disusun dan dimainkan dengan cara diayunkan seperti menjepit oleh beberapa orang pemain. Salah satu atau dua dari pemain akan melompat-lompat menghindari jepitan dari bambu tersebut. Pada saat melompat-lompat menghindari jepitan, para pemain seakan melakukan gerakan tari.

Foto Wisatawan bergabung bersama penari saat tarian Rangkuk Alu(macanbola.news)
Foto Wisatawan bergabung bersama penari saat tarian Rangkuk Alu(macanbola.news)

Dari situlah awal terbentuknya gerakan dasar Tari Rangkuk Alu. Gerakan para penari dan permainan banbu tersebut lalu dipadukan dengan irama musik seerta lagu daerah sehingga akan menghasilkan seni yang khas , yakni Tari Rangkuk Alu. Dahulunya, tarian ini sering ditampilkan pada saat usai panen raya dan pada saat bulan purnama . Di saat itulah para remaja berkumpul dan juga meramaikan acara ini.

Source : Detik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *