Gerakan Pro-Palestina Meluas ke Kampus Elite Eropa

Gerakan_Pro-Palestina_Meluas_ke_Kampus_Elite_Eropa

Macan.news – Gerakan mahasiswa yang mendukung Palestina terus meluas. Setelah di Amerika Serikat, kini giliran mahasiswa di Prancis yang menggelar demonstrasi solidaritas untuk Gaza, Palestina.
Dilansir Associated Press, Sabtu (27/4/2024), mahasiswa di Paris memblokir akses ke gedung kampus di sebuah universitas bergengsi di Prancis. Pihak kampus pun memindahkan semua aktivitas belajar mengajar via daring.

Demonstrasi pro-Palestina itu mengawali hari drama di Institut Studi Politik Paris, yang dikenal sebagai Sciences Po, pada Jumat (26/4) waktu setempat. Kampus elite itu merupakan almamater Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Prancis Gabriel Attal.

Read More

Para pengunjuk rasa awalnya menduduki gedung pusat kampus dan memblokir pintu masuk dengan tong sampah, kayu, dan sepeda. Mereka berkumpul di jendela gedung sambil meneriakkan slogan-slogan pro-Palestina dan mengibarkan bendera serta plakat Palestina.

Pada Jumat malam, demonstran pro-Palestina dan pro-Israel sempat terlibat ketegangan di jalanan luar kampus. Polisi antihuru-hara pun turun tangan memisahkan kelompok itu.

Saat malam tiba, sekelompok pengunjuk rasa pro-Palestina yang jumlahnya semakin berkurang menolak untuk mengalah dan mengabaikan perintah polisi untuk membuka jalan. Polisi juga mengingatkan kemungkinan penangkapan.

Akhirnya, para pengunjuk rasa keluar dari gedung sambil membawa bendera Palestina berukuran besar. Mereka disambut sorak-sorai oleh para pengunjuk rasa yang mendukung mereka di luar.

Massa kemudian mulai membubarkan diri dari daerah tersebut sambil diawasi oleh polisi. Salah satu tuntutan pengunjuk rasa adalah agar Sciences Po memutuskan hubungan dengan sekolah-sekolah Israel.

Pada Rabu malam, lebih dari 100 pengunjuk rasa pro-Palestina juga menduduki amfiteater Sciences Po. Sebagian besar setuju untuk keluar setelah berdiskusi dengan manajemen tetapi sekelompok kecil mahasiswa tetap tinggal. Mereka dipindahkan oleh polisi malam itu juga.

Baca Juga :   Mahfud Jelaskan Makna Logo Hitam Putih: Jangan Abu-abu Kalau Buat Kebijakan

Mahasiswa yang memprotes perang Israel-Hamas telah melakukan demonstrasi di Universitas Columbia, salah satu dari sejumlah demonstrasi yang mengguncang kampus-kampus elite di AS. Ratusan mahasiswa dan bahkan beberapa profesor telah ditangkap di seluruh AS gara-gara ikut demo.

sumber : news.detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *