Bikin Iri! Segini Gaji Fantastis Pegawai Restoran hingga Kaki Lima di Singapura

MACANBOLA.NEWS – Di Singapura, gaji untuk pegawai restoran hingga pegawai makanan kaki lima terbilang cukup fantastis. Menyentuh angka puluhan juta rupiah per bulan.
Dekat dengan Indonesia dan jadi destinasi wisata populer di Asia, Singapura terkenal sebagai negara maju yang memiliki biaya hidup tinggi. Merujuk pada laporan yang diterbitkan oleh Julius Baer Group.

Lewat ‘Global Wealth and Lifestyle 2023’, Singapura dinyatakan sebagai negara termahal di dunia. Singapura berhasil menggeser posisi negara mahal lainnya seperti New York, London dan Hong Kong sebagai kawasan termahal untuk hidup mewah.

Read More

Tak heran, gaji yang ditawarkan di Singapura jauh lebih tinggi dari negara-negara di Asia, terutama Asia Tenggara. Contohnya untuk pekerjaan pelayan restoran saja, gajinya bisa mencapai puluhan juta per bulan. Seperti lowongan-lowongan perkerjaan di bawah ini.

1. Gaji Rp 33,8 Juta di Kedai Makanan Kaki Lima
Dilansir dari WOB, beberapa waktu lalu salah satu kedai makanan kaki lima di Singapura membuka lowongan pekerjaan. Mereka mencari orang Singapura yang mau bekerja di kedai mereka dengan bayaran atau gaji mulai dari SGD 2,900 (Rp 30,7 juta) hingga SGD 3200 (Rp 33,8 juta) per bulannya.

Gaji ini tentunya terbilang sangat tinggi untuk pegawai kedai kaki lima di Singapura. Tak heran lowongan pekerjaan yang satu ini langsung viral bahkan masuk ke situs forum online Reddit. Banyak netizen asal Singapura yang setuju, bahwa gaji yang kedai makanan ini tawarkan cukup kompetitif dengan gaji yang mereka miliki sekarang.

Baca Juga :   Di Panggung Acara Relawan, Jokowi Sapa Giring tapi Tak Sapa Kaesang

Sayangnya, tidak dijelaskan secara pasti apa nama kedai kaki lima itu. Walau di bawah lowongan pekerjaan itu, terdapat nama restoran ‘Bai Nian Niang Dou Foo’ yang populer menjual hidangan yong tau foo khas Singapura. Hanya saja tidak diinformasikan Bai Nian Niang Dou Foo cabang mana.

2. Pengawas Social Distancing

Saat masa pandemi COVID-19 tengah mewabah di Singapura. Banyak peraturan yang berlaku salah satunya adalah jaga jarak atau social distancing. Bahkan ada lowongan pekerjaan yang khusus untuk menjadi pengawas social distancing di pusat makanan kaki lima, atau hawker centre.

Profesi ini bukan main-main. Pemerintah Singapura melalui Badan Lingkungan Nasional (NEA) memberi gaji cukup untuk mereka. Per bulannya SGD 2.500 atau sekitar Rp 28,8 juta sebagai pekerja upahan.

Di situs-situs lowongan pekerjaan, profesi pengawas social distancing dideskripsikan untuk membantu NEA dalam “langkah-langkah menjaga jarak” di 111 pusat jajanan (hawker center) di seluruh Singapura.

3. Karyawan Durian Gaji Rp 37 Juta

Dilansir dari Must Share News, toko durian bernama 99 Old Trees Durian di SIngapura mengunggah informasi lowongan kerja itu lewat Facebook. Dalam lowongan kerja tersebut, mereka mencari karyawan untuk menyortir durian.

Selain itu, para calon karyawan ini juga harus hobi nge-gym. “Gym tutup? Tidak mau otot bisep hilang, gabung dengan kami!” tulis keterangan dalam foto lowongan kerja itu. Para pekerja ini nantinya diberikan pelatihan sebelum bekerja. Mereka harus bisa memilah durian, menggunakan pisau, dan mengetahui ciri khas durian yang tidak bisa dijual.

Dalam keterangan yang tertulis dalam foto, para pekerja ini nantinya juga akan mendapatkan gaji yang terbilang fantastis. Mereka akan memperoleh gaji sebesar S$3,500 (Rp 37 juta) per bulannya.

Baca Juga :   Pernikahan Viral Pengantinnya Pakai Baju Terlalu Santai, Dinyinyirin Tamu

4. Pekerjaan Mengembalikan Nampan

Tak hanya gaji yang besar, di Singapura lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan makanan juga banyak ditemukan di sana. Pada tahun 2021 lalu contohnya, ada lowongan pekerjaan mengembalikan nampan atau baki bekas makanan pembeli ke tempatnya.

Lowongan pekerjaan ini pertama kali diunggah di situs MyCareersFuture Singapore. Disebut juga sebagai Tray Return Ambassador, gaji yang ditawarkan dari angka SGD 2.000 (Rp 22,5 juta – SGD 2.500 (Rp 28,2 juta) per bulan.

Sumber : Detik.news

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *