Ada Sosok Pengalaman di Kode Cawapres Prabowo, Nama Yusril Menguat

Ada Sosok Pengalaman di Kode Cawapres Prabowo, Nama Yusril Menguat

MACANBOLA.NEWS – Posisi Yusril Ihza Mahendra menguat setelah adanya pantun dari Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang menyebut Indonesia butuh sosok berpengalaman. Pantun tersebut diketahui menjadi kisi-kisi calon pendamping Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Muzani juga membeberkan sinyal terkait Prabowo yang nantinya akan didampingi oleh sosok yang berpengalaman dalam pemerintahan.

Read More

“Saya cuma mau memberi isyarat kisi-kisi Cawapres Pak Prabowo dalam pantun. Beli pisang sambil sepedaan. Pulangnya mampir stasiun balapan. Cawapres Prabowo akan segera diumumkan Dia sosok berpengalaman di pemerintahan,” kata Muzani dalam keterangan tertulis, Jumat (20/10/2023).

Founder Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago berpendapat makna pengalaman bisa mengarah kepada Yusril Ihza Mahendra. Diketahui, sosok Yusril memang memiliki banyak pengalaman dalam pemerintahan Indonesia.

“Yusril Ihza Mahendra adalah sosok senior dalam dunia politik dan pemerintahan yang telah mencapai prestasi gemilang dan menjaga reputasinya bersih selama bertahun-tahun,”ujarnya.

“Saat isu korupsi menjadi fokus utama perhatian masyarakat Indonesia, memiliki pemimpin yang dapat diandalkan dalam hal integritas adalah suatu keharusan. Yusril telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin yang dapat diandalkan dengan catatan prestasi yang membanggakan,”imbuhnya.

Pangi juga mengatakan hal ini menjadi faktor penting yang membuat Yusril menjadi pilihan menarik dari berbagai segmen pemilih. Menurutnya, Yusril memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif dalam pemerintahan Indonesia.

“Hal ini juga sejalan dengan data Voxpol Center dalam survei yang sama dimana 54,2% pemilih menginginkan calon pemimpin yang jujur, bersih dan bebas dari korupsi, tentu ini menjadi poin tambahan yang membuat sosok Yusril layak untuk dipertimbangkan,”jelasnya.

Baca Juga :   Saat Prabowo Promosikan Airin Jadi Calon Gubernur Banten

Lebih lanjut, Pangi menyebut Yusril juga memiliki potensi dan dukungan yang luas dari pemilih, khususnya pemilih muslim moderat. Hal ini karena Yusril dikenal dengan sikap moderatnya.

“Pemilih muslim moderat merupakan kekuatan besar di Indonesia dan Yusril dengan pandangan moderatnya memiliki potensi untuk memenangkan hati dan simpati dukungan dari segmen pemilih ini. Sikapnya moderat ini menjadikan Yusril sebagai pemimpin yang bisa mengemban tugas-tugas penting dalam iklim politik yang kompleks dan beragam,”terangnya.

Pangi kemudian menegaskan aspek perlindungan hukum diperlukan setelah Jokowi tidak lagi menjabat. Menurut Pangi, Yusril menjadi opsi yang layak dipertimbangkan dalam hal ini.

“Temuan riset Voxpol alasan pemilih di dalam memutuskan pilihan cawapres sangat signifikan pengaruhnya ditentukan figur kandidat calon wakil presiden sebesar 67,6 persen, sementara pengaruh partai politik pengusungnya hanya sebesar 6,8 persen,”bebernya.

Dengan latar belakang yang kuat dalam bidang hukum dan tata negara serta pengalamannya dalam beberapa pemerintahan sebelumnya, Yusril dianggap menjadi ‘perisai hukum’ yang efektif bagi mantan presiden untuk mengakhiri pemerintahannya dengan ‘soft landing’ dalam karir politiknya.

“Oleh karena itu, figur Yusril Ihza Mahendra saya pikir adalah sosok yang punya kans menjadi cawapres pendamping Prabowo. Tantangan Indonesia ke depannya saya rasa cukup berat, dibutuhkan cawapres yang mampu mengatasi persoalan dan masalah-masalah hukum Indonesia,”pungkasnya.

Diketahui, Survei Parameter Strategi Indonesia pada periode 1 Oktober 2023 – 7 Oktober 2023 menunjukkan Yusril sebagai tokoh cawapres yang paling berpengalaman dalam pemerintahan. Hasil dari survei tersebut yakni Yusril Ihza Mahendra 24,7 %, Airlangga Hartarto 20,4 %, Erick Thohir 19,6 %, Gibran Rakabuming 15,8 %, Agus Harimurti Yudhoyono 4,7 %, Yenny Wahid 2,4 %, Tidak Tahu/Tidak menjawab 12,4 %.

Baca Juga :   SKENARIO POLITIK BARU JOKOWI

Direktur Parameter Strategi Indonesia Tri Yudha Haryanto menyampaikan hasil survei menunjukkan Yusril paling berpengalaman sebagai Cawapres mendampingi Prabowo.

Sumber : Detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *