5 Fitur Baru yang Hadir di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, Tak Cuma USB-C

5 Fitur Baru iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, Tak Cuma USB-C

MACANBOLA.NEWS – Berbagai fitur baru hadir di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus usai resmi dirilis Apple melalui ajang Apple Event 2023 yang digelar mulai dini hari tadi, Rabu (13/9/2023), pukul 00.00 WIB. Dua model iPhone 15 series itu dirilis berbarengan dengan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Dua model iPhone generasi terbaru versi non “Pro” tersebut membawa sejumlah peningkatan dan pembaruan fitur dari iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, salah satunya yang cukup ditunggu-tunggu adalah port USB-C.

Akan tetapi, selain port USB C, masih banyak lagi fitur baru iPhone 15 dan iPhone 15 Plus Lantas, apa saja yang baru di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah daftar fitur baru iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Read More

Fitur baru iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

1. Notch Dynamic Island

Pembaruan yang paling jelas bisa dilihat pada model notch yang digunakan. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus telah dibekali Dynamic Island. Dimana tampilannya dapat bergerak secara dinamis mengikuti notifikasi.

Sebagai informasi, notch Dynamic Island pada jajaran iPhone 14 cuma hadir dalam model versi “Pro”, sedangkan iPhone 14 “biasa” dan iPhone 14 Plus masih menggunakan notch dengan model poni lawas Apple yang khas.

2. Layar

Di sektor layar, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus sejatinya masih menggunakan teknologi panel yang sama dengan mode pendahulunya, yaitu Super Retina XDR Display. Layar tersebut juga belum disertai fitur ProMotion Display yang mendukung refresh rate hingga 120 Hz.

Baca Juga :   Ponsel Lipat Huawei Mate X5 Meluncur, Mirip X3 tapi Lebih Powerful

Meski mirip, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus punya layar lebih cerah dibanding iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Layar iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diklaim mendukung tingkat kecerahan hingga 1.000 nits, sedangkan dua model pendahulunya cuma 8.000 nits.

3. Kamera

Fitur baru iPhone 15 dan iPhone 15 Plus yang membedakan dengan model pendahulunya juga berada di sektor kamera. Kamera utama dua ponsel tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dibekali kamera utama beresolusi 48 MP, sama seperti kamera utama yang digunakan pada versi “Pro”.

Sementara itu, kamera utama dari iPhone 14 dan iPhone 14 Plus cuma beresolusi 12 MP. Selain terdapat peningkatan resolusi, kamera iPhone 15 dan iPhone 15 Plus juga dibekali dengan fitur terbaru, yaitu Advanced Dual Camera System.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna mendapatkan opsi tambahan foto dengan mode telefoto. Fitur Advanced Dual Camera System membuat seolah iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki tiga pengaturan kamera dengan keberadaan opsi tambahan foto mode telefoto.

4. USB C

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus sekarang telah menggunakan port USB C untuk pengisian daya dan transfer data. Sistem charging tersebut menggantikan Lightning yang telah menemani selama 11 tahun.

Apple tak menjelaskan perbedaan kecepatan pengisian daya dan transfer data dengan USB C, dibandingkan dengan Lightning. Namun, penggunaan USB C pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus membuatnya lebih fleksibel dalam mengisi daya atau transfer data.

Kedua model ponsel tersebut bisa memakai kabel USB C yang sama seperti digunakan di iPad, Macbook, dan AirPods Pro. Port USB C  memungkinkan pengguna untuk melakukan pengisian daya AirPods Pro dengan menyambungkannya ke iPhone melalui kabel USB C.

Baca Juga :   Netizen China Lebih Pilih Huawei Mate 60 Pro Ketimbang iPhone 15

5. Chipset

Peningkatan yang berikutnya berada di sektor chipset. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dibekali dengan chipset Apple A16 Bionic. Chipset tersebut sama seperti yang digunakan pada iPhone 14 versi “Pro”.

Chipset dari model iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menggunakan Apple A15 Bionic, yang sama seperti pada jajaran iPhone 13. Jadi, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus punya chipset setingkat lebih tinggi dari iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Sumber : Kompas.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *