10 Negara Termiskin di Dunia Kondisi Ekonomi Terkini dan Tantangan Global

Dalam tengah-tengah gejolak ekonomi global yang penuh ketidakpastian, di mana inflasi meroket dan harga pangan terus melambung, beberapa negara telah terjebak dalam jurang kemiskinan dan terpaksa mencari bantuan pinjaman internasional untuk bertahan. Keadaan ini semakin mengukuhkan ketidakstabilan ekonomi global yang saat ini tengah dihadapi.

MACANBOLA.NEWS – Dalam tengah-tengah gejolak ekonomi global yang penuh ketidakpastian, di mana inflasi meroket dan harga pangan terus melambung, beberapa negara telah terjebak dalam jurang kemiskinan dan terpaksa mencari bantuan pinjaman internasional untuk bertahan. Keadaan ini semakin mengukuhkan ketidakstabilan ekonomi global yang saat ini tengah dihadapi.

Pentingnya mengidentifikasi negara-negara yang berada dalam kondisi ekonomi paling rentan telah ditekankan oleh World Population Review. Mereka baru-baru ini merilis daftar negara-negara termiskin di dunia. Metode peringkat yang digunakan oleh lembaga ini didasarkan pada pendapatan nasional bruto (GNI) per kapita masing-masing negara. GNI adalah ukuran yang mengukur total pendapatan suatu negara yang dibagi dengan jumlah penduduknya.

Read More

Perlu dicatat bahwa GNI memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. Kedua metrik tersebut mengukur nilai dolar dari semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara, tetapi GNI juga memperhitungkan pendapatan yang berasal dari sumber internasional seperti investasi asing atau kepemilikan real estat. Oleh karena itu, GNI dianggap sebagai indikator yang lebih akurat dalam mengukur kesehatan ekonomi suatu negara.

Terdapat dua cara untuk mengukur GNI. Pertama, dalam mata uang dolar Amerika Serikat (AS), dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai metode Atlas untuk membandingkan nilai mata uang dari berbagai negara. Cara kedua adalah dengan menggunakan paritas daya beli (PPP) dolar internasional, yang merupakan mata uang hipotetis yang terkait dengan nilai dolar AS pada tahun tertentu.

Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia 2020

Berikut adalah daftar 10 Negara Termiskin di Dunia berdasarkan PNB per kapita 2020, versi World Population Review :

Baca Juga :   Teacher, 25, dies after 'stalker sets her on fire'

1. Burundi dengan GNI per kapita sebesar USD 270.
2. Somalia dengan GNI per kapita sebesar USD 310.
3. Mozambik dengan GNI per kapita sebesar USD 460.
4. Madagaskar dengan GNI per kapita sebesar USD 480.
5. Sierra Leone dengan GNI per kapita sebesar USD 490.
6. Afghanistan dengan GNI per kapita sebesar USD 500.
7. Republik Afrika Tengah dengan GNI per kapita sebesar USD 510.
8. Liberia dengan GNI per kapita sebesar USD 530.
9. Nigeria dengan GNI per kapita sebesar USD 540.
10. Republik Demokratik Kongo (sebelumnya Zaire) dengan GNI per kapita sebesar USD 550.

Situasi ekonomi yang memprihatinkan di negara-negara ini mengingatkan kita akan pentingnya upaya internasional untuk mengatasi kemiskinan dan mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dalam masa-masa sulit seperti ini, solidaritas dan kerja sama global menjadi kunci untuk membantu negara-negara yang paling terdampak. Semoga tindakan bersama dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan jutaan orang di seluruh dunia yang tengah berjuang melawan kemiskinan.

 

Sumber : World Population Review

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *