10 Burung Tercantik di Dunia yang Sangat Mempesona

Macan.news – Burung Tercantik di Dunia – Tahukah anda bahwa diperkirakan terdapat sekitar 8.000 hingga 10.200 spesies burung di seluruh dunia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas aves ini memiliki karakter dan penampilan unik yang berbeda-beda, beberapa diantaranya memiliki bulu berwarna-warni dan tampilan cantik sehingga kerap disebut sebagai spesies burung terindah di dunia.

Ingin tahu burung-burung apa yang mendapatkan predikat sebagai burung terindah di dunia? dan diantara burung-burung tercantik di dunia tersebut, apakah ada yang merupakan burung asli Indonesia? yuk, intip kecantikan dari beberapa burung-burung terindah di dunia.

Burung Tercantik di Dunia

1. Golden Pheasant

Golden pheasants, also known as 'rainbow pheasants' due to their ornate  colours, are shy birds native to forested mountains in China. The courtship  rituals of these birds are intense. While not generally

Salah satu spesies burung yang sering dijuluki sebagai spesies burung tercantik di dunia adalah ‘Golden Pheasant’. Memiliki nama ilmiah Chrysolophus pictus, burung terindah di dunia satu ini berasal dari hutan di daerah pegunungan barat Tiongkok namun telah disebarkan dan dilepas secara liar ke berbagai belahan dunia lainnya.

Jenis jantan dari spesies burung ini memiliki warna yang sangat mencolok dan bervariasi pada bagian tubuhnya dengan ciri khas jambul berwarna keemasan serta bulu ekor yang sangat panjang. Kombinasi warna yang cantik pada bulunya inilah yang membuatnya menjadi salah satu burung terindah di dunia. Burung terindah di dunia ini merupakan spesies pemakan dedaunan, buah buahan, dan serangga kecil serta tidak terlalu suka terbang sehingga lebih sering bersembunyi di rerimbunan hutan.

2. Blue Bird-of-Paradise

File:Blue Bird of Paradise Paradisaea rudolphi (48837779672).jpg -  Wikimedia Commons

Burung terindah di dunia selanjutnya merupakan salah satu jenis burung asli Indonesia, tepatnya dari daratan Papua. Kerap disebut sebagai burung Cendrawasih Biru, The Blue Bird-of-Paradise memiliki nama latin Paradisaea rudolphi dan kerap dijuluki sebagai burung surga karena kecantikan yang dimilikinya.

Sesuai dengan namanya, burung terindah di dunia ini bisa dikenali akan warna bulunya yang didominasi warna biru dan sedikit bagian yang berwarna hitam. Burung terindah di dunia ini memiliki ukuran sedang dengan berat hanya sekitar 15 gram dan merupakan jenis burung pemakan buah-buahan, buah-buahan, dan serangga. Namun, terkadang jenis burung terindah di dunia ini juga didapati memakan repti berukuran kecill.

3. Blue Crowned Pigeon

Blue Crowned Pigeon | View On Black Beautiful Blue Crowned P… | Flickr

Blue Crowned Pigeon atau dalam bahasa Indonesia kerap disebut Merpati Biru Mahkota adalah satu lagi jenis burung terindah di dunia asli Indonesia yang berhabitat di daratan Papua. Burung terindah di dunia yang juga dikenal dengan nama ‘Victoria Crowned Pigeon’ ini memiliki ciri khas sangat unik yakni bagian kepalanya yang memiliki jambul bak mahkota yang indah. Sedangkan untuk tubuhnya, burung terindah di dunia ini didominasi warna biru keabu-abuan dengan bagian mata yang dikelilingi warna hitam, semakin membuatnya terlihat sangat cantik.

4. Keel-Billed Toucan

Keel-billed Toucan (Ramphastos sulfuratus) – All About Birds

Jika burung-burung terindah di dunia sebelumnya tampil mencolok karena keindahan bulunya, berbeda dengan ‘keel-billed toucan’, spesies burung tukan yang juga kerap dijuluki ’rainbow-billed toucan’. Bagian paling mencolok dari spesies burung terindah di dunia selanjutnya ini adalah bagian paruhnya yang tak hanya besar dan unik tapi juga memiliki kombinasi warna warni yang sangat indah. Spesies burung terindah di dunia ini bisa ditemukan di Amerika Selatan, terutama di negara-negara seperti Kolombia dan Meksiko.

5. Rainbow Lorikeet

Rainbow Lorikeet | Project Noah

Sesuai dengan namanya, spesies burung terindah di dunia satu ini populer karena warna bulunya yang berwarna-warni. Dalam bahasa Indonesia, burung terindah di dunia ini dikenal dengan nama Nuri Pelangi dan merupakan salah satu spesies dari kakatua Australasia yang dapat ditemukan di Australia, Indonesia timur, Papua Nugini, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Habitat dari spesies burung terindah di dunia berukuran sedang ini didominasi hutan hujan dan semak-semak pantai.

6. Nicobar Pigeon

The Stunning Nicobar Pigeon Dazzles With Its Beautiful Colors

Paling banyak ditemukan di kepulauan Nikobar sehingga dinamakan sebagai Merpati Nikobar, spesies burung terindah di dunia satu ini termasuk sebagai burung berukuran cukup besar dengan bulu-bulu panjang yang didominasi warna keabu-abuan gelap namun memiliki corak warna-warni pada bagian sayapnya yang membuatnya terlihat cantik. Burung terindah di dunia satu ini juga bisa ditemukan di beberapa wilayah lainnya seperti pulau-pulau kecil di sekitar Malaysia, kepulauan Solomon, hingga Palau. Sayangnya, kini spesies burung terindah di dunia ini memiliki status ‘hampir terancam’ akibat tingginya jumlah perburuan terhadap spesies burung ini.

7. Blue Jay

Blue Jay | Audubon Field Guide

Diklasifikasikan sebagai burung pemakan serangga, spesies burung terindah di dunia selanjutnya adalah burung ‘Blue Jay’ yang termasuk dalam keluarga Corvidae dan merupakan spesies burung asli Amerika Utara timur. Blue Jay banyak ditemukan di Amerika Serikat, terutama di wilayah timur dan tengah, namun juga dapat ditemukan di sebagian wilayah Kanada. Sesuai dengan namanya, ciri khas dari burung terindah di dunia satu ini adalah warnanya yang didominasi warna biru cerah bak langit yang indah.

8. Mandarin Duck

Mandarin Duck - eBird

Mandarin Duck adalah spesies burung terindah di dunia yang merupakan salah satu spesies itik atau bebek yang memiliki habitat asli mencakup Afrika Utara, seluruh Eropa, dan Asia. Bukan tanpa alasan Mandarin Duck dijuluki sebagai salah satu burung terindah di dunia karena spesies jantannya dikenal akan bulu dengan warna-warni yang sangat mencolok. Kombinasi warna mulai dari ungu, putih, oranye, merah, hingga kehijauan membuatnya tampil sangat mencolok dibandingkan jenis-jenis itik lainnya. Jenis burung terindah di dunia ini umumnya hidup berpasang-pasangan sehingga kerap juga dijadikan sebagai simbol cinta. Sangat menarik, bukan?

9. Scarlet Macaw

Costa Rica's Scarlet Macaw: A Story of Conservation and Community  Participation | Earth.Org

Banyak ditemukan di hutan hujan tropis Amerika Selatan dan Tengah, Scarlet Macaw merupakan spesies burung terindah di dunia selanjutnya. Spesies burung tercantik di dunia ini sangat mudah dikenali karena warna-warni bulunya yang sangat khas, didominasi warna merah dan biru kobalt yang indah serta beberapa sentuhan warna lain seperti kuning dan kebiruan pada bagian sayapnya. Burung yang berukuran cukup besar ini juga memiliki ciri khas paruh bengkok yang kuat karena memang spesies burung ini merupakan pemakan kacang-kacangan. Spesies burung terindah di dunia ini juga dikenal sebagai spesies burung yang cerdas dan mampu mempelajari dan meniru berbagai macam suara.

10. Burung Merak

Burung Merak, Miliki Warna warni

Tak lengkap membahas burung terindah di dunia tanpa menyebut burung merak. Burung berukuran besar ini dikenal akan bulu ekornya yang indah, khususnya pada spesies jantan yang bisa dimekarkan untuk menarik spesies betinanya. Bulu-bulu ekornya yang cantik ini membuatnya sangat dikenal di seluruh dunia bahkan menjadi burung nasional di negara India. Bulu-bulu indah pada ekor merak jantan ini kerap rontok setelah musim kawin namun kemudian bisa tumbuh lagi ketika musim kawin kembali tiba.

Sangat cantik dan indah sekali bukan berbagai spesies burung di atas? Tak heran jika banyak orang menyebut mereka sebagai burung terindah di dunia. Jika Anda tertarik untuk melihat lebih dekat kecantikan dari burung-burung terindah tersebut, Anda bisa kunjungi kebun binatang ataupun taman-taman nasional dimana burung terindah di dunia tersebut berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *